Sunday, July 5, 2015

Pantai Di Jogja - Pesona Pantai Glagah Kulon Progo

admin Share:
Pantai Di Jogja - Pantai Glagah merupakan salah satu primadona pantai di Jogja khususnya di Kabupaten Kulon Progo. Di pantai ini Anda dapat bermain kano di laguna, naik motorcross di hamparan pasir besi, memancing di atas tetrapod yang berfungsi sebagai pemecah ombak, hingga memetik buah naga di agrowisata. Asyik bukan?

Pantai Glagah

Tempat wisata Pantai Glagah ini hanya berjarak sekitar 40 km arah barat Yogyakarta, berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Berbeda dengan pantai-pantai di Gunungkidul yang dibatasi bukit karang, tepian Pantai Glagah terlihat sangat panjang tanpa penghalang. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah hamparan pasir besi kehitaman.

Ombak di Pantai Glagah terbilang cukup besar. Karena itu di kawasan pantai ini dibangun sebuah dermaga panjang dengan tetrapod di kanan kirinya. Tetrapod tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak. Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Glagah, wisatawan cukup merogoh kocek untuk tiket masuk sebesar Rp 4.000.

Baca Juga : 10 Pantai Di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pesona Keindahan Dan Aktivitas Seru Di Pantai Glagah

Pantai Glagah dikenal memiliki laguna yang luas dan indah. Di laguna ini beragam wisata tirta bisa dicoba oleh wisatawan, mulai dari perahu kayuh (perahu bebek-bebekan), kano, hingga sampan kecil yang akan membawa wisatawan berputar mengelilingi laguna. Karena lokasinya yang tenang dan jauh dari deburan ombak, maka tempat ini ramai oleh pengunjung anak-anak. Wisatawan pun bisa memancing di laguna ini. Saat sore menjelang, sunset yang indah bisa disaksikan dari laguna.

Laguna Pantai Glagah

Selain mencoba wisata tirta di laguna, wisatawan yang suka petualangan juga bisa naik motorcross atau ATV menyusuri gundukan pasir besi yang ada di sepanjang pantai. Ingin sensasi wisata lainnya? Datanglah ke perkebunan buah naga, semangka, dan melon yang ada di sekitar pantai. Di perkebunan tersebut wisatawan bisa ikut serta petani memanen aneka buah-buahan dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Bagi yang ingin menginap, di kawasan Pantai Glagah sudah ada beberapa penginapan dengan fasilitas standar. Beragam rumah makan yang menyajikan seafood juga bisa dijumpai. Sedangkan bagi yang ingin camping bisa memilih mendirikan tenda tepat di bibir pantai berpasir maupaun di area camping ground yang tersebar di kawasan ini.

Letak Dan Akses Menuju Ke Pantai Glagah Kulon Progo

Pantai Glagah terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta. Untuk menuju lokasi pantai ini cukup mudah, hanya melewati jalan Jogja-Wates ke arah Barat kemudian belok kiri (selatan) mengikuti arah sesuai petunjuk menuju ke Pantai Glagah. Ada 2 rute yang bisa Anda tempuh ke Pantai Glagah dari arah Jogja yaitu :
  1. Rute pertama : Yogyakarta - Jalan Wates - Sentolo - Kota Wates - Jalan Raya Wates Purworejo - Belok kiri ketika ada plank petunjuk arah Pantai Glagah sebelum perbatasan.
  2. Rute kedua : Yogyakarta - Jalan Bantul - Kota Bantul - Lampu lalu lintas Palbapang, belok kanan - Jalan Srandakan - Jembatan Srandakan - Lampu merah belok kiri arah Pantai Glagah. Bila bingung jangan lupa bertanya kepada penduduk sekitar ya, Anda akan lebih cepat sampai ke Pantai Glagah, salah satu pantai di Jogja yang asyik dan seru untuk dikunjungi.
Published by admin

Terima kasih telah membaca artikel wisata pantai. Semoga info wisata di blog ini bermanfaat bagi Anda semua. Bagi yang punya info wisata pantai yang menarik bisa share melalui kolom komentar agar bisa menambah referensi tempat liburan kita.
Follow us Facebook.

Get Updates in your Email
Complete the form below, and we'll send you our best of articles.

Deliver via FeedBurner
TOP