Sunday, July 5, 2015

Pantai Kukup - Tanah Lotnya Pantai Di Jogja

admin Share:
Pantai Di Jogja - Pantai Kukup merupakan sebuah pantai di Jogja yang terkenal dengan sebutan tanah lotnya Jogja. Pantai ini memiliki sebuah pulau karang kecil di sisi timur lengkap dengan gardu pandang. Untuk mencapai pulau tersebut wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri anak tangga dan menyeberang jembatan. Panorama inilah yang kerap membuat Pantai Kukup disebut sebagai Tanah Lotnya Jogja.

Seperti halnya pantai-pantai Gunungkidul yang lain, Pantai Kukup memiliki garis pantai yang ditaburi pasir putih dan hempasan ombak yang jernih. Garis Pantai Kukup memang tidak terlalu panjang sebab di kanan kirinya dihimpit oleh bebatuan karang. Namun, Kukup termasuk salah satu pantai pasir putih di Jogja yang menawan untuk melepas penat. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kukup bisa bermain pasir atau berteduh di gua-gua karang alami yang banyak terdapat di pinggir pantai.

Pantai Kukup

Tanah Lotnya Jogja, begitu orang kerap menyebut Pantai Kukup. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Jika di Tanah Lot terdapat sebuah pulau karang dengan pura di atasnya, di sisi timur Pantai Kukup juga terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Bedanya di pulau karang tersebut tidak terdapat pura, melainkan sebuah gardu pandang berukuran sedang yang biasa dijadikan tempat beristirahat pengunjung.

Untuk menuju pulau karang, wisatawan harus menapaki anak tangga dan mendaki bukit kemudian menyeberang melewati jembatan dengan hempasan ombak besar di bawahnya. Dari gardu pandang atau pendopo ini wisatawan bisa menyaksikan hamparan Samudra Hindia dengan ombaknya yang bergulung-gulung menabrak karang. Meski ombaknya besar, di beberapa bagian terdapat hamparan air laut yang tenang. Jika datang pada waktu yang tepat, wisatawan bisa menyaksikan sunrise maupun sunset pantai yang indah dari gardu pandang ini.


Keindahan Biota Laut Pantai Kukup

Selain pulau karang dengan gardu pandang, keistimewaan lain dari Pantai Kukup adalah keberadaan beragam biota laut dengan bentuk dan warna yang indah. Tak hanya ikan, wisatawan juga bisa menyaksikan biota laut lainnya seperti aneka kerang warna-warni, bintang laut dengan corak unik, hingga belut laut.

Biota Laut Pantai Kukup

Bagi Anda yang hobi memancing, Anda juga bisa mencoba peruntungan dengan menebar mata pancing di pantai ini. Namun jika lapar sudah mendera dan tak kunjung mendapatkan tangkapan, silahkan kunjungi warung-warung di sekitar pantai yang menjual aneka olahan laut. Perut pun akan segera kenyang dan hati menjadi riang.

Lokasi, Alamat, Dan Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km dari Pantai Baron. Untuk mencapai pantai ini wisatawan bisa mengikuti jalur menuju Pantai Baron. Harga tiket masuk Pantai Kukup sebesar Rp 10.000 per orang. Retribusi ini merupakan tiket terusan yang bisa digunakan untuk mengunjungi belasan pantai lainnya.

Bagaimana? Menarik bukan Pantai Kukup? Yuk buruan mengunjungi tanah lotnya Jogja sembari bermain pasir putih dan menikmati keindahan biota laut. Bagi Anda yang punya info wisata pantai di Jogja yang menarik bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.
Published by admin

Terima kasih telah membaca artikel wisata pantai. Semoga info wisata di blog ini bermanfaat bagi Anda semua. Bagi yang punya info wisata pantai yang menarik bisa share melalui kolom komentar agar bisa menambah referensi tempat liburan kita.
Follow us Facebook.

Get Updates in your Email
Complete the form below, and we'll send you our best of articles.

Deliver via FeedBurner
TOP