Friday, July 3, 2015

Pantai Jogan : Pantai Di Jogja Yang Ada Air Terjunnya

admin Share:
Pantai Di Jogja - Ini dia pantai di Jogja yang ada air terjunnya nan eksotis, yaitu Pantai Jogan. Tidak seperti pantai di Jogja pada umumnya di mana wisatawan dapat berlarian di hamparan pasir, di  Pantai Jogan wisatawan justru akan menemukan air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Eksotis sekaligus menantang.

Selama ini Yogyakarta atau Jogja lebih dikenal dengan wisata budayanya. Padahal, daerah istimewa ini juga kaya akan beragam wisata pantai yang tersebar dari ujung utara hingga selatan. Jajaran pantai mempesona yang membujur dari timur hingga barat akan membuat Anda berdecak kagum. Meski lokasinya banyak yang berdekatan, pantai-pantai tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing.

Pantai Jogan Jogja

Salah satu pantai di Jogja yang unik serta belum banyak terjamah campur tangan pembangunan adalah Pantai Jogan. Pantai yang terletak tepat di sebelah barat Pantai Nglambor dan tak jauh dari Pantai Siung ini merupakan pantai yang istimewa di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika biasanya pantai dihiasi oleh hamparan pasir, maka tidak dengan Pantai Jogan.

Baca Juga : 10 Pantai Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Lupakan adegan berkejaran dengan ombak sambil berlarian di antara pasir putih, di Pantai Jogan wisatawan justru akan menikmati gemuruh air terjun yang jatuh ke dasar laut. Sekilas ini akan mengingatkan wisatawan kepada McWay Beach Waterfall di California.

Air terjun yang ada di Pantai Jogan ini tercipta dari dua sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Aliran sungai itu kemudian menyatu dan mengalir menuruni batuan karst sehingga tercipta air terjun yang elok. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Jogan bisa menikmati air terjun ini dari tepi sungai di atas tebing. Jika tidak puas hanya berada di atas tebing, wisatawan pun dapat menyusuri anak tangga kayu menuju kaki tebing guna menikmati air terjun dari bawah sekaligus menikmati debur ombak yang membentur karang.

Tips Berwisata Ke Pantai Jogan Jogja :
  1. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Jogan adalah saat musim penghujan dimana debit air terjun sedang besar-besarnya. Air terjun di Pantai Jogan tidak mengalir sepanjang waktu. Saat musim kemarau debit air sungai menyusut hingga terkadang air terjunnya kering.
  2. Untuk mencapai dasar air terjun wisatawan harus melewati anak tangga kayu yang licin dan menantang, karena itu anak-anak dan manula tidak disarankan berwisata ke Pantai Jogan.
  3. Datanglah di sore hari! Maka wisatawan bisa menikmati sunset yang indah dari bibir pantai.
Sekian info wisata pantai tentang Pantai Jogan, sebuah pantai di Jogja yang ada air terjunnya, semoga bermanfaat.
Published by admin

Terima kasih telah membaca artikel wisata pantai. Semoga info wisata di blog ini bermanfaat bagi Anda semua. Bagi yang punya info wisata pantai yang menarik bisa share melalui kolom komentar agar bisa menambah referensi tempat liburan kita.
Follow us Facebook.

Get Updates in your Email
Complete the form below, and we'll send you our best of articles.

Deliver via FeedBurner
TOP