Monday, July 13, 2015

Pantai Pok Tunggal - Pantai Pasir Putih Di Jogja Yang Indah

admin Share:
Pantai Pok Tunggal - Ini dia pantai pasir putih di Jogja yang lagi hits, yaitu Pantai Pok Tunggal. Hamparan pasir putih menyambut setelah keluar dari jeratan jalan sempit yang kondisinya tidak begitu bagus.
Dibentengi tebing-tebing karang nan kokoh laksana tembok penjaga, pantai yang baru dibuka dan dikembangkan untuk kegiatan wisata sejak tahun 2012 ini menjadi jawaban atas pertanyaan “pantainya mana?” yang muncul sejak meninggalkan jalan beraspal dan masuk ke jalan yang membelah ladang dan perbukitan kapur.

Pok Tunggal, begitu dia biasa disebut. Dalam bahasa Jawa pok bisa berarti pohon dan tunggal adalah satu. Bisa jadi penamaan Pok Tunggal berdasarkan pada keberadaan sebatang pohon duras di bibir pantai yang menjadi ikon pantai ini.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal menjanjikan banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari bermalas-malasan hingga uji adrenalin. Dengan garis pantai yang panjang dan luas, wisatawan bisa bermain pasir atau bersantai di bawah payung warna-warni sambil minum kelapa muda yang dijual di warung-warung yang ada.

Jika ingin menikmati Pok Tunggal dari sudut pandang yang berbeda, terdapat dua bukit yang bisa di daki untuk menikmati panorama dari ketinggian. Yang pertama adalah Bukit Tirta Asri yang terletak di sisi barat. Untuk mencapai bukit ini sudah dibangun tangga permanen. Di bukit tersebut terdapat beberapa gazebo beratap rumbia yang bisa dijadikan tempat bersantai dan menyaksikan debur ombak.

Bukit yang kedua terletak sebelah timur bernama Bukit Panjong. Untuk mencapai puncak bukit ini diperlukan sedikit keberanian. Dari pantai berpasir wisatawan harus menyusuri pinggang tebing kapur, lantas menyeberang jembatan bambu setinggi belasan meter yang menempel persis di pinggir tebing dan menghadap ke laut.

Bukit Panjong Di Pantai Pok Tunggal

Di Bukit Panjong terdapat beberapa gazebo serta tempat datar yang ditumbuhi rerumputan dan tanaman pandan yang bisa Anda gunakan untuk menggelar tikar dan piknik atau mendirikan tenda. Spot terbaik untuk menyaksikan sunset di Pantai Pok Tunggal adalah dari Bukit Panjong ini. Namun jika Anda hendak melihat sunset jangan lupa bawa senter, sebab tidak ada penerang di jalan menuju Bukit panjong. Selain dari bukit, Anda juga bisa menikmati sunset dari pantai. Asyik kan?

Fasilitas Di Pantai Pok Tunggal
Terlepas dari kondisi jalan masuknya yang belum begitu bagus, fasilitas yang ada di Pok Tunggal sudah cukup memadai. Di pantai ini terdapat banyak warung makan yang buka hingga pukul 18.00 WIB, toilet, tempat parkir, penyewaan payung dan tikar, camping ground, mushola, serta homestay sederhana.

Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal Dan Tarif Lainnya
  • Tiket masuk Rp 2.000 / orang
  • Parkir sepeda motor Rp 2.000
  • Parkir mobil Rp 5.000
  • Sewa payung Rp 20.000 / orang
  • Toliet Rp 2.000 (data pertengahan 2013)
Akses Menuju Ke Lokasi Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak sekitar 2 km dari Pantai Indrayanti dan bersebelahan dengan Pantai Seruni. Dari Wonosari silahkan ikuti jalan menuju Pantai Baron. Sesampainya di gerbang masuk pantai-pantai, Anda belok kiri menuju deretan pantai-pantai tengah. Jarak Pantai Pok Tunggal dari jalan raya sekitar 1 km.
Published by admin

Terima kasih telah membaca artikel wisata pantai. Semoga info wisata di blog ini bermanfaat bagi Anda semua. Bagi yang punya info wisata pantai yang menarik bisa share melalui kolom komentar agar bisa menambah referensi tempat liburan kita.
Follow us Facebook.

Get Updates in your Email
Complete the form below, and we'll send you our best of articles.

Deliver via FeedBurner
TOP